Sunday, January 15, 2012

BUNDA MARIA

Siapakah Maria itu?
Maria adalah ibu dari Yesus Kristus.

Mengapa Maria penting dalam Gereja Katolik?
Karena Maria adalah orang pertama di dunia yang percaya bahwa Yesus ialah Mesias sang Putra Allah sendiri.

Siapakah Maria bagi kita umat Kristiani?
Maria ialah Bunda iman kita. Karena Bunda Maria ialah orang yang pertama percaya bahwa Yesus ialah Sang Mesias itu sendiri. Semua orang di dunia yang mengaku bahwa Yesus itu Tuhan sebenarnya meniru iman Maria (entah dia mengakuinya atau tidak bahwa Maria ialah Bunda Iman mereka)

Bagaimana seharusnya kita bersikap kepada Bunda Maria?
Menghormatinya, karena dengan imanNya kita umat manusia boleh menerima janji Allah tentang kedatangan Mesias Sang Putra Allah sendiri.

Bagaimana berdoa Salam Maria?
(bagian pertama)
Salam Maria penuh rahmat Tuhan sertamu
Terpujilah engkau diantara wanita
dan terpujilah buah tubuhMu Yesus
(bagian kedua)
Santa Maria Bunda Allah
doakanlah kami yang berdosa ini
sekarang dan waktu kami mati. Amin

Apa arti bagian pertama dari doa Salam Maria?
bagian pertama doa Salam Maria ialah pujian kepada Allah (salam Maria penuh rahmat Tuhan sertamu), karena melalui Maria, Allah sungguh menyatakan janjinya kepada manusia untuk mengirimkan Mesias Sang Juruselamat itu yang telah di nubuatkan melalui banyak nabi. (terpujilah engkau diantara wanita) Allah memilih wanita yang waktu itu dianggap lebih rendah daripada pria dan dianggap wanita adalah penyebab manusia terjatuh di dalam dosa. Kita bisa memuji Allah karena kebaikanNya. Kita juga percaya bahwa Allah juga akan menyelamatkan kita orang-orang yang berdosa (yang mungkin notabene pria yang mengangap dirinya lebih kudus dari wanita) ini asal kita mau percaya dan mengikuti Sang Sabda (Yesus).
(dan terpujilah buah tubuhMu Yesus) tentu saja kita memuji Kristus Yesus sang Juruselamat kita.

Apa arti bagian kedua dari doa Salam Maria?
(Santa Maria Bunda Allah) Santa adalah sebutan untuk orang kudus yang kita yakini berada di surga mulia bersama Allah. Maria sebagai Bunda Iman kita yang setia mengikut Yesus Putranya sampai akhir hayatNya kita yakinni bahwa Maria masuk ke Surga. Maria ialah Bunda Sang Allah Putra.
(doakanlah kami yang berdosa ini sekarang dan waktu kami mati. Amin) perjuangan untuk tetap taat dan setia kepada Sang Sabda agar mencapai Bapa ialah perjuangan seumur hidup. Kita yang manusia lemah, mohon agar Bunda Maria mendoakan kita. Bunda Maria sang teladan iman itu sendiri yang mendoakan kita agar kita boleh kelak bersama sama dengan Bunda Maria dalam Kerajaan Allah.

No comments: